8 Macam Digital Marketing Ini Wajib Sobat Ketahui Untuk Pemula

8 Macam Digital Marketing Ini Wajib Sobat Ketahui Untuk Pemula

Update : 07 Maret 2020Mediaachmad.com - 8 Macam Digital Marketing Ini Wajib Sobat Ketahui Untuk Pemula. Pada Belakangan ini dunia bisnis berkembang secara pesat. Hal ini membuat para pemilik perusahaan, organisasi atau bahkan individu bersaing secara besar-besaran untuk memasarkan brand atau produknya dengan banyak cara.

Seiring berkembangnya dunia bisnis, ternyata turut berkembang juga teknik- teknik pemasaran yang lebih modern dan kreatif. Salah satunya lewat platform digital, seperti pemanfaatan media internet dan media sosial.

Siapa yang perlu menggunakan digital marketing ini?

Hampir semua produk ataupun jasa dapat dipromosikan lewat digital marketing. Misalnya ketika kita sedang Googling dan mencari sebuah artikel bertema kesehatan, kita dapat diarahkan ke sebuah web penyedia jasa layanan kesehatan.

Begitu pula yang berlaku pada semua produk dan layanan, seperti produk minumam, sebuah UMKM, makanan, startup dan lain-lain.

Lalu apakah sebenarnya teknik digital marketing ini dan bagaimana strategi pemasaranya? Untuk lebih rinci mari kita simak ulasan berikut ini

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalahstrategi pemasaran sebuah produk yang dilakukan oleh individu, perusahaan atau sebuah organisasi lewat media digital .Seperti yang kita tahu bahwa saat ini internet dan media sosial bukanlah halasing lagi bagi sebagian orang, bahkan hampir semua orang menggunakan fasilitas tersebut.

Hal tersebut yang Selanjutnya dimanfaatkan oleh para pemilik perusahaan atau individu untuk mempromosikan produknya. Karena jangkauannya yang lebih luas cara ini sering dianggap sebagai cara yang paling efektif dan cepat untuk menarik konsumen yang potensial untuk meningkatkan jumlah penjualan sebuah produk tertentu.

di dalam dunia digital marketing ini memiliki banyak jenis dan karakteristiknya masing-masing.Agar lebih mudah memahaminya berikut ini penjelasan lengkapnya

Jenis -Jenis Digital Marketing

1. Search Engine Optimization ( SEO )

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan utama dari SEO adalah upaya mengoptimalkan sebuah situs atau website pada posisi teratas, atau setidaknya berasa dihalaman pertama dari mesin pencari dengan meggunakan keyword tertentu.

Ada dua macam teknik SEO, diantaranya SEO On Page dan SEO Off Page. Perbedaan keduanya terdapat pada strategi yang dilakukan untuk optimisasi sebuah website.

SEO on page adalah upaya pengoptimalan menggunakan strategi yang dilakukan pada halaman yang dimiliki yang berguna untuk mempengaruhi ranking pada mesin pencari. Sebenarnya ada banyak point - point penting yang perlu diperhatikan dalam SEO on Page ini.

Salah satu contohnya adalah penggunaan kata kunci yang tepat untuk membuat sebuah judul yang efektif. Bukan hanya itu dari segi konten juga tidak kalah penting, karena kita dituntut untuk membuat sebuah konten yang tidak membosankan untuk dibaca , dengan tambahan gambar-gambar yang unik dan bagus sehingga sebuah konten terlihat lebih menarik.

Berbeda dengan SEO On Page, SEO Off Page adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mengoptimisasi sebuah website atau blog dari luar. Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan membagikan link media social seperti Twitter, Facebook dan lain-lain.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM sendiri adalah teknik pemasaran secara digital dimana fokus pemasarannya terdapat pada halaman mesin pencarian , cara ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten dari sebuah website agar mudah ditemukan dimesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

Terdapat banyak sekali jenis dari Search Engine Marketing, beberapa diantaranya adalah Crawler-based search engine, Direktori, Hybrid Search Engine, dan Pay per click. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Crawler-based search engine adalah layanan mesin pencari yang menggunakan program software otomatis untuk memisah dan mengkategorikan sebuah laman web. Contohnya seperti yang sudah kita kenal selama ini diantaranya Google.

Selanjutnya Direktori, sebuah layanan yang melibatkan manusia sebagai tenaga editor. Editor secara manual akan memeriksa sebuah web berdasarkan informasi yang diperoleh.

Beberapa direktori menawarkan layanan berbayar agar sebuah website dapat cepat terindeks secara cepat. Tetapi ada juga yang gratis dengan catatan bahwa proses indeks membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada direktori berbayar.

Selanjutnya mengenai Hybrid Search Engine dapat dijelaskan secara singkat sebagai sebuah layanan yang mengabungkan teknik Crawler-based dengan Direktori

Yang terakhir adalah layanan pay per-click adalah sebuah metode pemasaran berupa iklan yang disediakan oleh Google AdWord yang dikhususkan untuk para pelaku usaha yang sudah memiliki website. Gambaran sederhananya seperti ini, pengiklan membayar penerbit dalam jumlah tertentu jika iklan mereka diklik oleh pengunjung.

Metode ini dilakukan lewat sistem bidding dari sebuah kata kunci tertentu agar iklan berbayar yang Sobat buat dapat tampil pada bagian teratas dari halaman pencarian google.

Keuntungan dari beriklan dengan metode ini ternyata sangat mengiurkan karena iklan yang Sobat buat tidak hanya ditampilkan di bagian search engine google tetapi juga dibeberapa website yang memberi akses kepada google untuk memasang iklannya.

Berbeda dengan sarana pemasangan iklan yang lain, dalam metode pay per-click ini Sobat dapat mengatur sendiri budget secara bulanan maupun harian, agar tidak mengalami over budget. Semakin tinggi budget Sobat, semakin sering iklan Sobat akan muncul.

3. Content Marketing

Saat ini sudah banyak pelaku marketing digital yang menyadari betapa besarnya manfaat penggunaan content marketing demi penunjang strategi pemasaran mereka. Content marketing dapat dikatakan sebagai media yang secara langsung dapat menyampaikan karakteristik sebuah produk kepada konsumen lewat media konten.

Content marketingdiartikan sebagai sebuah strategi pemasaran konten yang fokusnya berada pada perencanaaan atau pembuatan dan pendistribusian sebuah koten demi menarik perhatian pembaca yang kemungkinan berpeluang menjadi konsumen.

Sebagian besar content marketing biasanya dikemas dalam konsep textualyang mengarah kepada metode hard selling maupun soft sellingdengan menggambarkan kelebihan sebuah produk. Oleh sebab membuat sebuah konten menarik yang berisikan review sebuah produk secara detail sangatlah diperlukan dalam strategi ini.

Orang-orangyang menikmati konten yang Sobatsajikan baik diinternet maupun dimedia sosial, secara otomatis akan terhubung lebih dekat dengan produk yang Sobat tawarkan. Dengan penambahan link yang berkaitan dengan produk yang dijelaskan orang akan terhubung dengan laman website dari produk yang bersangkutan.

Sehingga menambah kemungkinan sebuah web akan dikunjungi oleh para pengunjung yang potensial sebagai konsumen dari produk Sobat.

4. Email Marketing

Email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran sebuah produk, diskon, dan lain sebagainya kepada sekelompok pelanggan yang potensial dengan menggunakan media email.

di dunia digital marketing ini memanfaatkan list email untuk media pemasaran bisa menjadi cara yang tidak kalah efektif dari kedua jenis digital marketing diatas. Hal ini dikarenakanemail yang dikirim langsung keinbox calon pelanggan dapat langsung dibaca oleh pemilik email tersebut.

Bukan hanya itu dengan email marketing dapat mejadi peluang untuk selalu terhubung secara pribadi dengan calon pelanggan secara terus menerus. Terdapat beberapa jenis email marketing misalnya direct email dan retention email.

Direct email diantaranya sebuah pesan baru yang dikirim kesebuah email yang berisi pesan promosi, berupa pesan text atau link yang dihubungkan dengan sebuah website atau media sosialdari sebuah produk. Sedangkan retention email sendiri berlaku untuk pelanggan yang sudah terhubung sejak lama, agar tetap terjalin hubungan baik , serta sebagai media penawaran jika ada penawaran baru.

Dalam garis besarnya, untuk penggunaan teknik email marketing sangat bermanfaat, selain menghemat biaya juga menghemat waktu. Secara efisien kita dapat menjangkau para pelangan dalam waktu yang singkat secara pribadi langsung keemail mereka.

5. Social Media Marketing

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa pemasaran jenis ini adalah jenis pemasaran yang mengandalkan social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain sebagai media promosi.Besarnya ketertarikan masyarakat dalam menggunakan media social menjadi peluang bagi para pemilik produk untuk memanfaatkan sarana ini.

Kekuatan media social sebagai sarana promosi tentunya sudah tidak dapat diragukan lagi. Dengan menjangkau pelanggan lewat media social memungkinkan Sobat untuk berkomunikasi dengan pelanggan lewat fitur-fitur unik yang disediakan oleh sebuah media social tertentu, misalnya saling berbalas pesan dalam kolom komentar dan lain-lain.

Hal ini hampir sama dengan promosi dari mulut ke mulut, yang membedakan jika menggunakan media social Sobat dapat menambahkan beberapa fitur lain seperti gambar atau video supaya konten Sobat lebih menarik.

6. Mobile Advertising

Saat ini telepon seluler adalah sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu mulai bermunculan iklan-iklan yang memanfaatkan telefon seluler sebagai medianya.

Beberapa contoh penggunaan mobile advertising pada telefon seluler dapat berupa iklan yang disampaikan secara sederhana lewat fitur SMS dan MMS. Selanjutnya ada juga iklan lewat media internet, ketika kita membuka internet lewat telefon sering kita temui beberapa iklan baris yang menghubungkan kita kepada web pemasang iklan.

Dalam Pemilihan mobile advertising di dalam proses pengiklanan dapat membantu menjangkau orang-orang secara lebih spesifik. Disisi lain metode ini adalah metode yang efisien dan efektif karena dapat meghemat biaya periklanan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

7. Display Marketing

Teknik marketing yang satu ini memanfaatkan bentuk periklanan secara visual, dikemas dalam sebuah iklan berupa logo, foto, gambar maupun video. Sebuah banner iklan yang sering Sobat lihat di website adalah salah satu contoh dari display advertising.

Saat offline media display advertising ini biasanya dirangkum dalam sebuah bentuk papan billboard dan spanduk-spanduk yang sering dipasang dipinggir-pinggir jalan. Jika Sobat ingin beriklan secara online, Sobat dapat menghubungi pemilikwebsite yang relevan dengan produk yang Sobat pasarkan.

Misalnya jika Sobat ingin memsarkan produk makanan atau minuman, sebaiknya Sobat menghubungi website yang memuat konten yang berhubungan dengan makanan atau minuman. SeSobatinya Sobat tidak memiliki cukup waktu untuk itu, Sobat dapat memanfaatkan jasa periklanan misalnya Google Display Network.

8. Affiliate Marketing

dan yang terakhir Affiliate Marketing dalam bahasa yang sederhana sering disebut sebagai bisnis makelar atau perantara. Teknik ini mengandalkan penjualan dengan sistem komisi.

Dalam sistem ini dibutuhkan jasa orang lain untuk menjualkan produk yang kita miliki, dengan perjanjian bahwa kita akan membayar atau memberi komisi jika orang tersebut berhasil menjualkan produk yang kita miliki.Bebrapa marketplace besar seperti buka lapak dan lazada juga menggunakan sistem affiliate marketing ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Untuk Sobat para pelaku bisnis , yang mengalami kendala dalam proses pemasaran dan promosi. Menggunakan metode digital marketing sebagai sarana promosi adalah sebuah kewajiban.

Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang akan didapat dari teknik-teknik marketing ini.Misalnya saja seperti yang sering disebutkan diatas bahwa semua jenis digital marketing memiliki fungsi yang sangat efektif untuk menghemat waktu dan biaya promosi.

Bukan hanya itu kebiasaan dari masyarakat modern yang sering mencari tau mengenai seluk beluk dan informasi mengenai produk sebelum membelinya juga dapat dimanfaatkan untuk membangun brand awareness lewat konten SEO yang menghubungkannya dengan website bisnis yang Sobat miliki.

Ditambah lagi dengan adanya interaksi secara langsung dengan konsumen lewat media sosial yang menjadi nilai plus untuk membangun akepercayaan publik terhadap perusahaan atau bisnis perorangan yang Sobat kelola.

Dilihat dari pesan diatas terdapat penyertaan link website dari pemilik jasa sebuah rumah spa untuk ibu dan anak tersebut yang bertujuan menarik konsumen untuk membuka website yang bersangkutan dan melihat banyaknya promo serta jenis-jenis layanan apa saja yang ditawarkan.

Kemungkinan masyarakat untuk membuka link tersebut menjadi peluang berkali-kali lipat lebih besar untuk meningkatkan pelanggan sehingga jasa SPA tersebut memperoleh keuntungan berlebih dari segi ekonomi.

Secara garis besar seperti itulan ulasan lengkap mengenai serba-serbi dunia digital marketing yang perlu Sobat ketahui. Perlu Sobat ketahui bahwa untuk teknik dalam digital marketing dapat digunakan oleh siapa saja. Baik yang sudah memiliki usaha maupun yang baru akan memulai.

Dengan adanya gambaran mengenai jenis-jenis digital marketing diatas diharapkan untuk para pelaku dan calon pelaku usaha agar dapat memperoleh gambaran mengenai jenis pemasaran mana saja yang dapat digunakan dan cocok diterapkan dalam usaha. Sehingga usahanya dapat berkembang secara optimal.

Mungkin itu yang dapat admin sampaikan sekian dan terima kasih.

8 Macam Digital Marketing Ini Wajib Sobat Ketahui Untuk Pemula
Wahyu Achmad
Penulis biasa

Postingan Terkait

Posting Komentar