Kumpulan Perangkat Lunak (Software) Gratis Animasi 3D Modeling Untuk Pemula

Membuat objek animasi 3D sudah menjadi kesukaan untuk semua orang. ada yang belajar atas dasar hobi dan ada juga yang mencari penghasilan sebagai bisnis yang menjanjikan. Di era sekarang sudah banyak bermunculan sekolah animasi dan mereka berlomba lomba untuk menjadi animator terbaik. Anggap saja seperti seorang ilustrator yang erat kaitannya dengan urusan design dan mendesain, sudah banyak software - software animasi 3D yang cocok untuk pemula dan lebih mudah untuk dipelajari.

Perangkat lunak untuk desain 3D yang canggih ada yang gratis dan berbayar. Setiap masing - masing dari aplikasi animasi 3D tersebut memiliki fitur yang berbeda - beda karena akan disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna. untuk Sobat yang tertarik menggunakan software untuk membuat animasi 3D yang mudah perlu memilih software yang tepat.

Salah dalam memilih aplikasi pembuat Animasi 3D, tentu hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan model tiga dimensi yang diinginkan. Hal lain yang turut mempengaruhi adalah kemampuan dan skill dari sang desainer sendiri. Namun, jangan khawatir sebagai berikut akan disajikan aplikasi pembuat animasi 3D terbaik untuk pemula yang layak untuk dicoba. Mari simak.


Kumpulan Perangkat Lunak (Software) Gratis Animasi 3D modeling untuk pemula


1. Blender

Blender adalah aplikasi dari open sourch sangat terkenal di dunia. Aplikasi grafik yang satu ini meskipun termasuk dalam software yang gratis, kualitasnya tidak kalah dengan banyak aplikasi lainnya yang berbayar. Di dalamnya, Sobat sebagai seorang pemula atau sudah profesional sekalipun dimungkinkan untuk membuat banyak konten yang beragam. Mulai dari 3D sampai dengan 2D. aplikasi ini sangat rekomendasi untuk Sobat karena penggunaannya cukup mudah, mudah juga untuk dipelajari, sudah banyak juga tutorial - tutorial dari blender di youtube.

2. Autodesk Maya

Autodesk Maya adalah software pertama yang disebut sebut sebagai aplikasi pembuat animasi tiga dimensi yang direkomendasikan. Kemunculannya sendiri sangat cocok untuk pemula. Ada terdapat banyak fitur yang lengkap tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Meskipun termasuk dalam software yang berbayar, pemula masih bisa mendapatkannya secara gratis.

Bagaimana caranya? Sobat bisa mendapatkan versi gratis penggunaan melalui student version di program ini secara legal. Tidak hanya itu, software ini sendiri sudah laris digunakan oleh kalangan animator hollywood. Menarik untuk dicoba?

3. Autodesk 3Ds Max

Yang tidak ketinggalan disebutkan dalam daftar ini adalah Autodesk 3D Max yang sebenarnya adalah kakak dari maya yang asalnya sama dari autodesk. Jika Sobat menyimak pada software pertama yang kita sebutkan pada daftar ini, software Autodesk 3D Max lebih rumit dari pada maya. Walaupun begitu, Software ini juga cukup mudah digunakan terutama untuk mode script di permainan. Sehingga Sobat akan bisa menggunakannya juga untuk membuat sebuah game.

4. Cinema 4D

Software yang satu ini sangat direkomendasikan untuk para pemula. Mengapa demikian? Sebab cinema ini tidak serumit aplikasi yang lainnya. Selain itu dalam pemanfaatannya sendiri, Sobat tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi loh. Meskipun demikian hasilnya akan sama baik dengan software 3D terbaik lainnya. Percaya atau tidak, aplikasi ini memang cocok untuk pemula.

5. Autodesk Mudbox

Software yang satu ini memiliki kegunaan yang beragam. Mulai dari untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Sobat untuk menghasilkan gambar animasi sesuai dengan keinginan Sobat. Misalnya menciptakan karakter karakter hasil dari imajinasi Sobat sendiri, pasti akan sangat seru. Hasilnya pun nanti tidak akan mengecewakan kalian saat rendering.

6. Poser

Poser merupakan perangkat lunak 3D yang dapat digunakan untuk modelling karakter, seperti manusia, hewan dll. Hasil animasi yang dihasilkan pun sangatlah bagus dan lebih realistis. Bukan hanya itu, untuk para pemula akan semakin dimudahkan juga terutama untuk penggunaannya karena sangat tidak rumit dan praktis.

Untuk kemudahan fitur software ini juga tidak kalah dengan software - software lain. Meskipun sebagaimana yang kita tahu ada banyak perangkat lunak yang bagus, Posser menjadi salah satu yang sangat layak untuk dicoba.

7. Zbrush

Kegunaan Zbrush hampir sama dengan Autodesk Mudbox yaitu untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Kualitas yang diberikan pun sebenarnya tidak kalah bagus dan cocok untuk memenuhi kebutuhan imajinasi Sobat. Selain itu Sobat dimungkinkan untuk mengekspor model 3D dari aplikasi lainnya sehingga memberikan tulang dengan teknik rigging serta menggerakkannya.

Ada banyak sekali fasilitas dan fitur lengkap yang bisa Sobat dapatkan di aplikasi pembuat animasi tiga dimensi yang dinamai Zbrush ini. Sangat bisa diSobatlkan untuk semua kalangan termasuk Sobat yang masih awam atau pemula dalam hal menggunakan ataupun teknik membuat desain.

8. Carrara

Carrara adalah perangkat lunak keluaran dari DAZ 3D, Aplikasi ini dapat dikatakan berbeda dari aplikasi yang lainnya karena software carrara digunakan untuk membuat sebuah simulasi. Contohnya seperti simulasi gempa, ledakan api, kecelakaan mobil dan lain sebagainya.

9. Bforartist

Aplikasi ini sendiri merupakan jawaban dari para pengguna aplikasi animasi 3D yang merasa kesulitan dalam hal pemanfaatan khususnya terkait antarmuka pengguna. Ada banyak alasan mengapa Bforartist memang mudah digunakan. Contohnya Bforartist mempunyai tema yang mudah dipahami dan dibaca. Hal ini dikarenakan sang pengembang sudah memilih dan menerapkan font baru yang bisa meningkatkan skema warna menjadi lebih kontras dan baik.

10. 3D Slash

Yang terakhir adalah 3D Slash. Aplikasi ini mempunyai banyak sekali pujian sebagai alat pemodelan animasi 3D sangat mudah dipasaran. Fitur antarmukanya sangat unik. Sobat akan menemui seperangkat tool lalu pengguna dapat memulai berkarya membuat model dengan memotong kubus.

Mungkin itu yang dapat mediaachmad sampaikan tentang Kumpulan Perangkat Lunak (Software) Gratis Animasi 3D modeling untuk pemula, semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

source: https://www.mastimon.com/2020/02/software-animasi-3d-untuk-pemula.html
Kumpulan Perangkat Lunak (Software) Gratis Animasi 3D Modeling Untuk Pemula
Wahyu Achmad
Penulis biasa

Postingan Terkait

Posting Komentar