Begini Trik Ampuh Daftar Google News Cepat Diterima

Syarat dan Langkah Daftar Google News Cepat Diterima. Kebutuhan informasi semakin meningkat di era serba digital saat ini. Para Pengguna internet membutuhkan akses informasi yang terbaru dan unik. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Google meluncurkan sebuah layanan, yaitu Google News. Layanan yang sangat populer ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk para pembaca namun juga pemilik situs website. Jika Sobat ingin blog Sobat ditampilkan di laman berita Google News, ketahui dulu cara daftar Google News dengan benar. Artikel kami kali ini akan mengupasnya secara lengkap!

Google News: Apakah Itu?

Google News adalah layanan Google yang terfokus untuk penyediaan konten berita yang berasal dari berbagai macam website di seluruh dunia, Indonesia juga termasuk.

Designnya yang sangat menarik memudahkan para pembaca saat mengakses laman berita baik melalui komputer maupun handphone. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis dan dari satu juta pengguna di Google Play sudah mendownload Google News.

Pengguna pun tidak diharuskan login untuk menikmati layanan ini. Akan tetapi, jika menggunakan akun Google saat akses, Sobat akan disuguhi dengan personalized content. Artinya, berita-berita yang muncul akan sesuai dengan kesukaan Sobat.

Benar, keunggulan Google News dari platform lain adalah kemudahan akses bagi para pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan Lokasi, Topik, atau Sumber berita.

Untuk sobat pemilik situs website, mampu mendapatkan kedudukan di layanan Google News merupakan sebuah keuntungan. Coba Bayangkan, jumlah kunjungan dari Google News untuk satu bulan bisa mencapai 495 juta di seluruh dunia. jika Sobat mampu menggunakan dan memanfaatkan platform ini dengan tepat, effeknya akan sangat positif bagi blog Sobat.

Sobat tentu tidak beranggapan Google News hanya untuk media online yang sudah populer saja, bukan? Tepat sekali. Blog berita juga bisa daftar ke Google News. Artinya, konten berita Sobat pun bisa menjadi berita utama jika memang menarik dan layak dipublikasikan.

Manfaat Daftar Google News

Google News memberikan berbagai manfaat bagi pemilik blog saat berhasil menjadi salah satu bagian dari layanan ini.

Apa saja manfaatnya? Mari kita kupas satu persatu.

1. Lebih Mudah Masuk ke Page Pertama di Pencarian

Jika Sobat Mempunyai konten berita yang unik dan berkualitas, Google News tak segan untuk menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan kondisi ini, Google tentu akan menganggap website Sobat juga layak berada di posisi teratas mesin pencari.

Seperti yang Sobat ketahui, mendapatkan posisi teratas bukanlah hal mudah. Sobat harus terus melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. Dengan Sobat memanfaatkan layanan Google News ini dengan maksimal, posisi teratas Google Pencarian bukanlah hal yang mustahil.

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Semakin mudah konten Sobat ditemukan, semakin besar kemungkinan blog Sobat dikunjungi. Tidak hanya itu, pengunjung blog Sobat bisa dipastikan berasal dari traffic yang berkualitas.

Kenapa bisa demikian? Fitur personalized content berperan besar dalam hal ini. Pengguna yang mengunjungi blog Sobat akan merasa senang bahwa topik yang Sobat miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.

3. Sebagai Media Branding Yang Efektif

Jika blog Sobat menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Selain pengunjung akan sering datang ke blog Sobat lagi, Sobat akan dianggap ahli di bidang tersebut. Hal ini akan membantu Sobat membangun brand untuk website Sobat.

Sebagai contoh, Techcrunch adalah situs website yang terfokus untuk berita teknologi. jadi, semua jenis berita teknologi mulai dari ulasan startups, aplikasi mobile dan desktop, hingga ke ajang teknologi tahunan ditampilkan dengan baik.

Jika Sobat penggemar otomotif, bisa saja apa yang dilakukan oleh Iwan Banaran bisa menjadi inspirasi Sobat.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah tautan link di sebuah situs website yang tertuju ke website lain. Sebagai blogger, Sobat tentu memahami bahwa peran backlink dalam mendongkrak kredibilitas blog Sobat sangat besar.

Saat konten Sobat direkomendasikan oleh Google News, konten Sobat akan menjadi referensi terupdate tentang suatu topik. Jika blogger lain membutuhkan referensi pendukung, tentu mereka akan menggunakan sumber yang terpercaya. Bisa jadi sumber itu adalah konten blog Sobat.

Semakin banyak backlink yang Sobat dapatkan, semakin terpercaya blog Sobat.

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Dengan memanfaatkan layanan iklan untuk mempromosikan sebuah situs website adalah hal yang wajar. Namun, jika Sobat bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya, tentu lebih baik.

Google News berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog Sobat. Organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Sobat tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk hal ini.

Syarat Daftar ke Google News

Agar bisa mendapatkan semua manfaat dari Google News, Sobat perlu bergabung ke layanan ini terlebih dahulu. Secara umum, Sobat hanya perlu melakukan dua hal: mendaftarkan blog Sobat dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Cukup mudah, bukan?

Sebelum kita menuju ke bagaimana cara daftar blog ke Google News, terlebih dahulu kita pelajari syaratnya terlebih dahulu.

1. Buatlah Blog Berita

Mempunyai konten berita saja tidak cukup, Sobat harus membuat sebuah blog berita. Ini akan sangatlah membantu saat berniat mendaftarkannya ke layanan Google News.

Perlu diingat, proses seleksi setelah Sobat mendaftar dilakukan manual oleh pihak Google. Mereka akan memastikan blog Sobat sesuai dengan tujuan layanan mereka: menyediakan berita terbaru dan penting.

Jadi, jika tujuan Sobat mendapatkan tempat di Google News, daftarkanlah blog Sobat dengan konten berita, apapun niche atau jenis berita yang menjadi topik utama Sobat.

Jangan khawatir dulu. Membuat blog berita tidaklah terlalu sulit. Jika Sobat ingin membuat website berita dengan mudah dan cepat, kami Mempunyai panduan lengkapnya untuk Sobat.

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Mempunyai konten yang berkualitas merupakan dasar kunci dari peringkat teratas mesin pencari Google. Syarat dan Ketentuan yang sama akan berlaku juga di layanan Google News. Apakah konten berkualitas yang dimaksud?

  • Tidak Menjiplak Konten Orang Lain
  • Selalu ciptakan konten Sobat sendiri. Mempunyai konten yang unik merupakan kunci dari kesuksesan sebuah blog. Sobat bisa melakukan penelitian sendiri tentang suatu berita yang ingin Sobat tuliskan. Walaupun Sobat bisa sesekali menerbitkan berita yang berasal dari pihak lain, pastikan selalu menuliskan dengan gaya Sobat sendiri. Dengan demikian, Google News akan menganggap konten Sobat adalah sebuah konten berita baru.

  • Fokus ke Salah Satu Jenis Berita
  • Selain tidak bercampur dengan konten lain, blog Sobat sebaiknya hanya mengulas salah satu jenis berita saja. Misalnya tentang berita teknologi atau gawai (gadget). Hal ini akan memudahkan pengunjung memahami blog. Selain itu, Google News akan dengan mudah mengkategorikan blog Sobat tersebut. Bahkan jika Sobat mampu membuat berita yang mendalam (in-depth news), peluang menjadi berita utama kian besar.

  • Selalu Terupdate
  • Blog berita menuntut Sobat untuk menerbitkan konten tiap hari. Ini sangat sesuai dengan ciri dari situs berita yang bahkan menuntut penerbitan lebih dari satu topik berita setiap hari dan selalu terupdate.

    Jika Sobat merasa kesulitan melakukannya seorang diri, Sobat bisa menggunakan beberapa penulis untuk membuat artikel berbeda untuk diterbitkan di hari yang sama. Ini yang sering dilakukan oleh situs website berita lain, setidaknya sebagai langkah awal ketika mendaftar Google News.

  • Bukan Konten Yang Dilarang
  • Mempunyai konten unik bukan berarti Sobat bisa menulis berita dengan topik apa saja. Google News sendiri sudah menentukan bahwa konten berita yang menampilkan konten kekerasan, kebencian dan konten seksual ataupun konten yang terkait pelanggaran hak cipta sangat dilarang.

    Jika blog Sobat terkait dengan konten-konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran yang Sobat lakukan.

3. Perhatikan Struktur Blog Sobat

Terkait dengan baian teknis situs website Sobat, Google News akan lebih cepat menerima pendaftaran blog Sobat jika mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Gunakan URL Yang Unik dan Tidak Berubah
  • Google News secara gamblang menyebutkan bahwa jika URL konten Sobat selalu berubah, blog Sobat tidak akan dimasukkan ke dalam Google News. Alasannya, Karena mesin crawl Google yang bekerja untuk mendeteksi konten berita tidak bisa bekerja secara baik di keadaan tersebut.

  • Sajikan Tampilan Yang Menarik Dan Responsif
  • Mempunyai tampilan blog yang menarik baik di desktop maupun mobile sangatlah penting. Google News mengunggulkan situs Website yang memenuhi syarat dan kriteria ini demi meningkatkan kenyamanan bagi pengguna.

    Namun, perlu diingat bahwa blog Sobat sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan efek dengan JavaScript. Sebagaimana panduan yang telah mereka kasih, blog dengan kode pemrograman yang sederhana akan lebih diutamakan.

  • Gunakan Navigasi Yang Mudah
  • Jika blog Sobat Mempunyai beberapa halaman utama, pastikan untuk beralih dari satu halaman ke halaman lain mudah dilakukan. Navigasi di blog Sobat merupakan salah satu faktor dalam proses seleksi/kurasi di Google News.

    4. Jelaskan Identitas Blog Sobat Dengan Baik

    Informasi blog Sobat sangat penting untuk tahapan verifikasi. Sebelum mulai pendaftaran pastikan penulisan blog Sobat telah sesuai. Selain itu, halaman About Page Sobat harus mampu menjelaskan identitas blog Sobat dengan baik.

    Lebih lanjut, jika Sobat menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Sobat, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya nama saja mereka, Sobat bisa menampilkan foto mereka dan sekilas latar belakang profesi mereka.

    Google News memberi Sobat kesempatan untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan penulisan setelah terdaftar.

Inilah Cara Daftar Blog ke Google News

Setelah beberapa syarat di atas sudah Sobat penuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar ke Google News.

Berikut ini cara yang bisa Sobat lakukan:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke halaman ini dan login menggunakan akun Google Sobat.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Jika sebelumnya Sobat belum pernah melakukan verifikasi kepemilikan website Sobat, Sobat akan diminta melakukannya terlebih dahulu menggunakan Google Search Console.Perlu diingat, karena Google News Mempunyai mesin crawler sendiri, pastikan Sobat menambahkan xml sitemap blog berita Sobat juga. Tujuannya, membuat Google News selalu update pada perubahan yang terjadi di blog Sobat.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Sobat akan melihat tampilan seperti di bawah ini jika baru akan melakukan pendaftaran ke Google News pertama kali.

4. Menambahkan Blog Sobat

Silakan menambahkan blog Sobat pada pilihan “ Ingin menyarankan situs web untuk Google News? Klik disini(Want to suggest a website for Google News ? Click here)". Akan muncul Page permintaan pendaftaran seperti tampilan dibawah ini:

5. Mengisikan Informasi Tentang Blog Sobat

Beberapa data dan informasi akan diminta untuk proses lebih lanjut oleh pihak Google. Silakan isi informasi yang diminta dengan benar.

General Information

  • About your news site: Detail informasi tentang blog berita yang Sobat daftarkan

Site Information

  • Source URL: Alamat blog berita Sobat.
  • Source Name: Nama blog Sobat.
  • Site Language: bahasa yang digunakan di blog dan konten berita Sobat. Perlu Sobat Ingat, Layanan Google News tidak akan memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa.
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap Sobat.

Pilih Semua Kategori yang Berlaku untuk Konten Situs Anda


  • Opinion content: jika publikasi Sobat tentang konten opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui proses editing di situs Sobat
  • Blog: centang opsi ini
  • Press release: jika Sobat juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: jika website Sobat bertema satire

News Section Information

  • URL: Nama domain maupun beberapa subdomain yang ingin Sobat tambahkan
  • Labels: jenis berita yang Sobat tampilkan

6. Selesai

Setelah data terisi dengan benar, klik Submit.

7. Menunggu Review Google

Langkah selanjutnya yaitu berupa review yang akan dilakukan oleh tim Google News selama satu hingga tiga minggu. Selama seluruh syarat dan ketentuan sesuai tahapan ini akan berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Demikianlah cara daftar Google News untuk blog Sobat. Mudah, bukan? Sobat hanya perlu memenuhi syarat yang diperlukan untuk bergabung. Berikutnya, lanjutkan dengan pendaftaran dan mengisi beberapa detail informasi yang Google perlukan.

Jika konten berita blog Sobat berhasil ditampilkan di Google News, kesempatan menduduki posisi teratas di mesin pencari terbuka lebar. Selain itu, peningkatan jumlah pengunjung blog Sobat hanya tinggal menunggu waktu. Dan yang tak kalah penting, Sobat bisa membangun brand image yang baik untuk blog Sobat dengan tujuan jangka panjang.

Sekian semoga artikel ini dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Begini Trik Ampuh Daftar Google News Cepat Diterima
Wahyu Achmad
Penulis biasa

Postingan Terkait

Posting Komentar