Cara Optimasi SEO Off/On Page dan Keuntungan bagi Blog dan Website

Cara Optimasi SEO Off/On Page dan Keuntungan bagi Blog dan Website

Cara Optimasi SEO Off/On Page dan Keuntungan bagi Blog dan Website. Untuk sobat para Blogger dan pemilik blog tentu sudah tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). SEO mempunyai 2 macam jenis yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan hasil yang dicapai yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. Tujuan utama dalam penggunaan SEO adalah untuk menaikkan page traffic dan ranking di mesin pencarian Google. Sobat tentu ingin Blog milik sobat muncul di halaman pertama atau lima halaman pertama. Meningkatkan peringkat halaman sobat di mesin pencari dapat meningkatkan visibilitas situs web sobat. Ini membantu brand awareness, peringkat halaman, menaikkan traffic, dan konversi dari pembaca menjadi pelanggan.



Apa itu Off-Page SEO?

Dalam SEO, istilah Off-Page optimization mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman Blog sobat. Jika On-Page SEO berhubungan dengan Blog seperti konten, internal links, dan keywords, Off-Page berhubungan dengan link building atau back linking.

Untuk meraih tujuan penggunaan SEO, tidak cukup hanya dengan peduli pada Blog dan brand sobat. sobat juga harus berusaha meningkatkan reputasi yang baik sehingga calon pelanggan berkeinginan untuk mengunjungi dan mempelajari lebih jauh mengenai Blog dan bisnis sobat.

Apa perbedaan Off-Page SEO dan On-Page SEO?

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari On-Page (hal-hal mengenai Blog sobat) dan Off-Page (seberapa populer Blog sobat).

Jadi anggap saja, kategori peringkat ranking sobat ditentukan oleh SEO On-Page dan tinggi peringkat sobat dalam mesin pencarian ditentukan oleh faktor Off-Page.

Di Dalam On-Page SEO, tips yang sering diberikan adalah mengenai kecepatan loading halaman, konten, judul serta deskripsi, kualitas konten, eksternal links, dan lainnya. Dan untuk SEO Off-Page, sobat akan diberikan tips trik tentang Social Bookmarking, Link Building, dan Social Media Marketing.

Mengapa Off-Page SEO itu penting?

Saat seseorang mencari informasi mengenai sebuah brand, mereka biasanya sudah punya pendapat sendiri berdasarkan review, komentar dari teman dan keluarga, atau kenalan di dunia maya, serta informasi apapun yang mereka bisa dapatkan baik online maupun offline.

SEO Off-Page biasanya memberi tahu ke mesin pencarian Google atau yang lain tentang bagaimana pendapat pembaca mengenai Blog sobat yang dapat membantu Blog sobat menjadi Blog otoritas dengan meningkatkan visibilitas. Teknik ini juga membuat pembaca menyebut brand sobat dan menautkannya ke konten Blog sobat.

Namun, banyak orang yang berpikir jika ­Off-Page SEO hanyalah link building. Padahal ada beberapa macam metode lain untuk mengoptimalkan penggunaan Off-Page SEO.

Sistem lama Off-Page SEO

  1. Promosi Melalui Forum
  2. Walaupun tidak merugikan namun sistem ini memakan waktu yang lumayan banyak. sobat diminta untuk menyebutkan brand sobat di berbagai forum yang sesuai dengan produk atau jasa yang sobat tawarkan. Lebih baik sobat menghabiskan waktu untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam bisnis sobat.

  3. Memasukkan Blog dalam Mesin Pencari
  4. metode ini menjadi metode yang dulu umum digunakan untuk memastikan Blog sobat muncul dalam pencarian Google dan Bing. Namun, dengan semakin sulitnya algoritma Google terutama untuk mesin pencari, metode ini dianggap tidak lagi memberikan hasil.

  5. Direktori Artikel
  6. Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu metode lama yang umum dilakukan dalam pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca Blog direktori ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.

    Saat Google Psobat muncul, Blog direktori ini adalah kategori Blog pertama yang mengalami penurunan trafiic yang signifikan.

  7. Blog Direktori
  8. Ini adalah metode yang dulunya dianggap ampuh namun kini Blog ini dianggap tidak berguna. Blog ini jarang dikunjungi karena Google kini telah menggantikan kegunaan Blog direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.

  9. Social Bookmarking
  10. Mengikuti forum forum sosial media akan memberikan dampak yang baik jika brand sobat menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan. Hal ini disebabkan Blog seperti ini di perbaharui dengan cepat sehingga jika sobat mengunggah sesuatu, postingan sobat bisa hilang keesokan harinya.

  11. Penggunaan Sosial Media yang Berlebihan
  12. Mungkin menurut sobat semakin banyak sosial media yang sobat miliki semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic. Banyak sosial media yang tidak berkaitan dengan bisnis sobat. sobat memerlukan jaringan sosial yang berkaitan untuk membantu promosi yang baik.

    Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis sobat sehingga sobat bisa berkonsentrasi dengan pengikut sobat di sosial media tersebut.

Sistem baru Off-Page SEO

    sistem ini adalah sistem Off-Page yang paling populer dan efektif. Pada dasarnya saat sobat memberikan link eksternal dalam konten sobat, sobat berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor sobat.

    Serupa dengan konten, pastikan sobat mendapatkan backlinks yang berkualitas. Backlink jutaan lebih tapi tidak berkualitas tidak lebih baik dibandingkan sedikit backlinks tapi dari link yang berkualitas. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link:

    • Blog yang terpercaya
    • Konteks yang relevan dengan isi konten sobat
    • Popularitas dari backlinks
    • Link natural dan bukan berbentuk seperti javascript

    Lalu bagaimana metode mendapatkan link ini? Natural link merupakan link yang sangat disukai oleh mesin pencarian Google. Natural link berarti Blog sobat disukai oleh pemilik Blog lain dan memberikan link menuju Blog sobat karena sesuai dengan isi konten mereka.

    Mendapatkan natural link memang tidaklah mudah. metode terbaik adalah dengan mengupload konten - konten yang berkualitas yang layak dijadikan backlink di Blog mereka. Jika sobat menggunakan metode-metode lama yang hanya mementingkan kuantitas, bersiaplah untuk terkena penalti dari Google.

    Ada satu metode lain dalam melakukan link building yaitu guest posting di mana sobat menulis di blog lain atau sebaliknya. Namun, ada baiknya sobat melakukan ini tidak hanya untuk mendapatkan link dan jangan melakukannya terlalu sering.

    Aturan penggunaan link building berubah setiap waktu dan mesin pencari pun berusaha menghindari penggunaan metode yang salah. Namun, jika sobat menerapkan strategi yang baik tujuan penggunaan link building akan tercapai.

  1. Social Media
  2. Hampir semua orang memiliki social media. Selain untuk bersosialisasi dan bersenang - senang, ini juga akan bisa digunakan untuk Off-Page SEO. Ini adalah metode yang baik untuk meningkatkan traffic. Meskipun link yang sobat temukan di social media biasanya adalah no-follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga. Mempromosikan brand sobat di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.

    Semakin banyak orang menemukan profil sobat, semakin besar kesempatan mereka mengunjungi Blog sobat. Social media bisa menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pembaca ke Blog melalui profil sobat.

  3. Local SEO
  4. Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik, sistem Local SEO juga semakin populer.

    Walaupun terlihat hampir sama dengan SEO biasanya, kedua SEO ini sangatlah berbeda di mana Local SEO berfokus untuk memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna saat itu.

    Dalam menggunakan Local SEO gunakanlah Google Places for Business Page kemudian lengkapi semua data - data informasi yang dibutuhkan lalu sinkronisasi dengan akun Google+ sobat. Pada baru-baru ini Google menyatakan jika 87% orang menggunakan Handphone mereka dalam perjalanan. Selain itu, 95% pengguna Handphone mencari informasi lokal melalui Handphone mereka.

Faktor Off-Page SEO

Berikut adalah beberapa faktor penting yang membantu sistem Off-Page SEO dan menaikkan peringkat halaman sobat:

    Dalam menaikkan peringkat Blog sobat di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke Blog sobat.

    Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke Blog sobat dihitung sebagai suara dukungan bagi Blog sobat. Semakin banyak link menuju Blog sobat, semakin banyak suara dukungan sobat di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.

    Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

  1. Anchor Text
  2. Anchor text adalah teks yang dijadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan Off-Page SEO, ada baiknya sobat memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai Blog sobat dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.

    Pastikan pada anchor text yang digunakan akan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan sesobat Anchor text yang mempunyai variasi yang lebih disukai oleh Algoritma terbaru dari Google.

    Tidak semua link memiliki nilai yang sama. Link yang berasal dari blog populer tidak akan memupunyai nilai yang sama dengan link dari blog pemula.

    Blog yang biasanya dikategorikan sebagai Blog yang terpercaya biasanya adalah:

    • Blog dengan domain .edu atau .gov
    • Authority Blog yang adalah Blog besar yang selalu muncul berdasarkan keyword sobat
    • Blog yang sudah ada sejak lama
    • Blog yang sesuai dengan topik konten sobat

    Penggunaan sebagian link yang berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link tidak berkualitas.

    Kecepatan link building merupakan salah satu hal terpenting untuk ­Off-Page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika Blog sobat masih tergolong baru).

    Perlu sobat ketahui Mesin pencari Google bisa membedakan link building yang baik dan mana yang tidak, sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika Blog sobat hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar.

    Selama sobat tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, sobat tidak perlu terlalu khawatir.

Alat Off-Page SEO

Untuk mempermudah sobat, kini telah banyak bermunculan alat-alat yang membantu mengoptimalkan sistem Off-Page SEO sobat. Berikut beberapa alat yang bisa sobat gunakan:

  1. Google AdWords
  2. Orang - orang beranggapan Google AdWords merupakan alat paling bermanfaat untuk SEO Off-Page. Fitur yang ditawarkan antara lain: meningkatkan jumlah pelanggan, mendapatkan hasil yang cepat dan mudah dimengerti, peningkatan traffic yang berkualitas, memberi informasi mengenai pasar, dan pencarian keyword. Google AdWords adalah alat pemasaran yang memberikan kesempatan untuk mengonversi pembaca menjadi pelanggan dan menjadi leads bisnis sobat. Alat ini juga mudah digunakan, memiliki relevansi maksimal dan tentunya terjangkau.

  3. Ahrefs
  4. Alat ini berguna untuk berbagai hal karena Ahrefs memiliki database backlink yang besar dan membantu sobat mengetahui segala hal mengenai Blog sobat dan kompetitor. sobat akan dapat mengetahui bagaimana metode mengungguli peringkat pesaing sobat. Fitur yang ditawarkan seperti: melacak backlink sobat, menemukan kata kunci yang paling relevan, mengetahui informasi pesaing sobat, dan menganalisis strategi mereka.

  5. Majestic
  6. Majestic juga adalah salah satu alat terbaik untuk SEO. Alat ini juga dikenal sebagai alat backlink paling canggih. Databasenya mempunyai data informasi mesin pencari yang paling detail dan rinci. Fitur - Fitur yang dipromosikan antara lain: SEO untuk professional, media analytics, alat pengusaha, perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain semetode rinci.

  7. Moz
  8. Layanan dari Moz sangat amat lengkap dan juga menawarkan data traffic yang unik. Dengan menggunakan Moz, sobat akan bisa fokus pada strategi yang sobat miliki sehingga memungkinkan sobat mudah ditemukan di antara miliaran pencarian yang dilakukan setiap harinya. Fitur yang ditawarkan oleh Moz antara lain melacak kampanye pemasaran sobat, open site explorer, melacak kesalahan penjelajahan, dan meneliti peluang sebuah kata kunci.

Seimbangkan penggunaan Off-Page dan On-Page SEO

Pada umumnya para ahli SEO menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk Off-Page SEO dibandingkan On-Page SEO.

Namun, seberapa besar pun usaha yang sobat lakukan untuk Off-Page SEO, tanpa On-Page SEO yang baik maka usaha sobat akan menjadi tidak maksimal.

Suatu Blog yang terlihat tidak terpercaya dari awal sobat membukanya tentu tidak akan membuat sobat mau memberikan backlinks menuju Blog tersebut. Blog dengan desain yang sederhana namun menarik, bersih dari kesalahan penulisan akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan backlink dari Blog-Blog besar dan terpercaya seperti Forbes.

Meskipun sobat memiliki link yang banyak, hal ini akan sia-sia jika pembaca yang awalnya tertarik dengan review Blog sobat melihat Blog sobat yang terlihat tidak professional dan terpercaya. Semakin banyak orang membaca atau melihat konten sobat, semakin besar potensial sobat mendapatkan link atau citation.

Semakin banyak sobat mendapatkan citation dan link, semakin baik Off-Page SEO sobat.

Oleh karena itu, maksimalkan sistem On-Page SEO sobat sebelum sobat mulai menggunakan sistem Off-Page SEO.

Di Dalam dunia SEO, ada dua sistem penting yang harus dilakukan semetode seimbang untuk mendapatkan hasil yang optimal: On-Page dan Off-Page SEO.

Off-Page memang sangatlah penting terutama untuk meningkatkan popularitas dan reputasi Blog sobat namun sistem nya tidak hanya dengan link building.

Meskipun mendapatkan link menjadi faktor utama (baik sekarang dan di masa depan), perlu diingat bahwa ini hanyalah satu faktor di antar 200+ faktor lainnya dalam algoritma Google.

Selain itu, link building bukan lagi suatu proses linear di mana sobat terus menerus membangun link. sobat juga harus menggunakan strategi untuk mendapatkan link semetode alami. Disinilah On-Page SEO berperan penting di mana konten yang berkualitas yang berisi penjelasan rinci akan menarik lebih banyak pembaca dan membuat konten sobat menjadi konten yang layak dijadikan backlink.

Meskipun kedua hal ini berhubungan, masih banyak orang percaya bahwa hanya dengan melakukan salah satu dari dua metode ini memberikan mereka hasil yang optimal. Mungkin itu Sekian.

Cara Optimasi SEO Off/On Page dan Keuntungan bagi Blog dan Website
Wahyu Achmad
Penulis biasa

Postingan Terkait

Posting Komentar