Cara Menaikan CPC Google AdSense untuk pemula


Cara Tingkatkan Nominal CPC Google AdSense. Google AdSense adalah program periklanan yang diluncurkan oleh perusahaan raksasa bermarkas di Amerika Serikat yakni Google. Program periklanan ini diciptakan supaya para publisher terutama blogger dapat mempunyai penghasilan dari menayangkan iklan tersebut. Dan besar kecilnya pendapatan yang diperoleh para blogger rupanya dipengaruhi oleh jumlah klik pada iklan dan besarnya angka CPC (Cost Per Click). Semakin besar angka CPC dan jumlah klik, maka akan semakin besar juga pendapatan yang bisa diperoleh.

CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh pihak advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya. Jadi setiap terjadi klik pada iklan, maka si publisher (penayang iklan) akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan besarnya angka CPC iklan tersebut. Intinya semakin besar angka CPC, besar peluang kita untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Adapun besar kecilnya jumlah klik iklan pada sebuah blog dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang datang ke blog kita. Sedangkan besarnya angka CPC dipengaruhi oleh banyak hal pada website, bisa konten, niche, bahkan hingga letak geografis. Besarnya angka CPC sendiri tidak bisa ditebak dengan pasti, bahkan angka CPC justru kebanyakan rendah berkisar antara angka 100-250 rupiah saja bahkan bisa kurang dari itu.

Ada berbagai macam cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menaikkan angka CPC, yang mana hal itu akan menjadi berita baik untuk kalian. Berikut adalah cara menaikkan angka CPC wajib diketahui.


Cara menaikkan angka CPC Google AdSense

  1. Niche Berharga Tinggi
  2. Niche atau topik blog rupanya tanpa disadari ikut mempengaruhi besar-kecilnya angka CPC. Biasanya blog yang membahas satu topik saja lebih mempunyai angka CPC lebih tinggi ketimbang dengan blog yang membahas banyak topik. Contohnya, blog membahas kesehatan dipercayai mempunyai CPC lebih tinggi daripada sebuah blog yang beragam topik seperti kesehatan, otomotif, selebriti, dan lainnya secara bersamaan (gado-gado).

    dengan demikian, berikut ini ada beberapa niche blog yang mempunyai harga jual tinggi, dalam artian mempunyai angka CPC tinggi, antara lain:

    Niche dan contoh blog
    • Layanan domain & Hosting : Menjual domain dan blog
    • Perbankan : Membahas tentang perbankan, keuangan
    • Mobil : Seputaran mobil
    • Fashion : Berkaitan dengan fashion yang sedang trending
    • Rumah : Misalkan desain rumah, tips menata rumah, dll
    • Gadget : Membahas tentang seputaran gadget
    • Kesehatan : Membahas tips kesehatan

    Niche blog yang ada di list di atas dipercaya merupakan niche yang mempunyai harga jual sangat mahal ketimbang dengan yang lainnya.

  3. Target Kata Kunci Bernilai (Keyword)
  4. Perlu diketahui bahwa kata kunci atau keyword yang ada pada konten blog ternyata juga dapat mempengaruhi angka CPC. Bahkan target kata kunci yang tidak tepat dipercayai memicu rendahnya angka CPC blog kalian. Maka dari itu pengguna sebaiknya harus cermat dalam memilih kata kunci terbaik yang mempunyai nilai jual tinggi.

    kalian dapat mengetahui seperti apa kriteria kata kunci bernilai dengan menggunakan alat dari Google yaitu Adword, alat tersebut rupanya dapat digunakan secara gratis. Adapun dengan menggunakan Adword, kalian bisa mengetahui berbagai macam kriteria kata kunci baik itu yang mempunyai harga tinggi maupun rendah.

    Jadi melihat dari berbagai macam kata kunci tersebut, sangat disarankan untuk kalian menyematkan kata kunci yang mempunyai harga paling tinggi saat membuat konten. Agar harapannya Google bisa menempatkan iklan di blog kalian dengan tepat sehingga akan menaikkan angka CPC, yang sekaligus akan memperbaiki penghasilan kalian.

    Misalkan saja kalian menulis konten mengenai smartphone, maka otomatis Google AdSense pun akan menampilkan iklan tentang smartphone di blog kalian. Iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense pada blog tentu tergantung dari kata kunci yang kalian sematkan. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menulis konten dengan kata kunci yang mempunyai nilai jual tinggi namun masih relevan dengan topik blog kalian.

  5. Tempatkan Iklan dengan Tepat
  6. Tentu ada banyak sekali tempat dimana kalian bisa menampilkan iklan AdSense pada halaman blog seperti di bagian atas halaman, di bawah judul, dalam artikel, sidebar, dan masih banyak lagi. Beberapa blogger juga berpendapat bahwa menampilkan iklan pada bagian bawah judul, dalam artikel, dan sidebar besar kemungkinan iklan akan dilihat oleh banyak pengunjung. Hal itu juga sekaligus dipercayai akan menaikkan angka CPC blog kalian.

  7. Pilih Beberapa Tipe Iklan yang Berbeda
  8. Secara umum, Google AdSense telah menyediakan berbagai jenis iklan yang bisa kalian pilih untuk ditampilkan seperti iklan teks, gambar, dan video. Namun beberapa pengunjung lebih tertarik dengan iklan gambar ketimbang iklan teks. Dikarenakan iklan gambar sendiri biasanya menunjukkan isi iklan yang kemungkinan besar tepat dengan apa yang sedang dicari pengunjung.

  9. Buat Iklan Responsive
  10. Membuat iklan responsive adalah cara menaikkan CPC AdSense selanjutnya. Iklan responsive sendiri mengartikan bahwa iklan tersebut bisa tampil di berbagai platform yang berbeda seperti desktop, mobile, dan lain-lain. Membuat iklan responsive tidak hanya mampu menaikkan angka CPC saja, melainkan juga dipercayai akan memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung blog kalian.

  11. Negara dari Pengunjung
  12. Salah satu faktor yang memang dapat menaikkan angka CPC AdSense adalah lokasi negara dari pengunjung blog kalian. Amerika Serikat, merupakan negara yang mempunyai angka CPC sangatlah tinggi dari negara - negara yang lain. Bahkan untuk satu klik iklan saja bisa saja berkisar antara angka 1-4 dollar. Berbeda dengan angka CPC AdSense di tanah air yang relatif rendah yakni hanya berkisar antara 500-1000 rupiah saja.

    Adapun untuk mendapatkan pengunjung dari Amerika Serikat tentu yang harus dilakukan adalah mempunyai blog berbahasa Inggris. walaupun dalam membuatnya tidaklah mudah, Namun blog berbahasa Inggris bisa dibilang sangat cukup menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Berikut ini adalah daftar negara yang digadang-gadang mempunyai angka CPC paling tinggi, antara lain:

    • Amerika Serikat
    • Kanada
    • Australia
    • Inggris
    • Spanyol
    • Jerman
    • dll

  13. Blokir Iklan yang Tidak Relevan
  14. Cara terakhir yang bisa dilakukan guna menaikkan angka CPC AdSense yakni memblokir kategori iklan yang tidak sesuai dengan topik blog kalian. Misalkan blog kalian membahas tentang teknologi namun yang muncul adalah iklan politik, agama, dating, dan lain-lain yang dirasa tidak berhubungan dengan topik blog kalian.

    kalian bisa memblokir kategori iklan tersebut. Karena selain tidak relevan, iklan tersebut juga kemungkinan tidak banyak menarik pengunjung kalian yang notabennya mencari informasi teknologi (perumpamaan topik blog kalian), tapi yang muncul malah iklan politik, kesehatan, dan lain sebagainya.


Mungkin itu yang dapat admin sampaikan semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Cara Menaikan CPC Google AdSense untuk pemula
Wahyu Achmad
Penulis biasa

Postingan Terkait

Posting Komentar